Sunday 22 September 2013

Tanggung jawab yang besar

     
     Setiap orang kadang kala lupa akan tanggung jawab yang mereka dapatkan dan mereka hanya sibuk dengan meminta hak mereka dan tidak memperdulikan tanggung jawab mereka sendiri. Saya selalu ingat apa yang dikatakan Paman Ben (Paman Peter Parker) dalam film Spider-Man. Ia berpesan kepada Peter dalam wasiatnya yang sangat baik sekali menurut saya kepada Peter. Paman Ben berkata “Dalam kekuatan yang besar terdapat pula tanggung jawab yang besar pula” seperti itulah kiranya wasiat yang dikatakan Paman Ben saya tidak tahu secara persisnya tapi itulah yang selalu saya ingat hingga saat ini. 
     Yang dapat saya simpulkan dan mengambil garis besarnya dari wasiat itu adalah bahwa setiap orang yang mempunyai kekuatan besar ia tentunya mempunyai tanggung jawab yang besar pula akan kekuatannya itu. Bila kita ambil contoh dari kehidupan nyata pada saat ini yaitu bisa digambarkan orang yang mempunyai kekuatan yang besar itu seperti halnya orang yang mempunyai harta yang banyak dan juga mempunyai kekusasaan/tahta. Bersama harta dan kekuasaan itu terdapat tanggung jawab yang besar untuk orang yang mempunyainya.
     Tanggung jawabnya untuk menyumbangkan sebagian hartanya untuk orang-orang yang lebih membutuhkannya. Dalam Agama saya, dikatakan dalam sebuah wasiat dari Tuhan kepada utusan-Nya, dikatakan bahwa “Dalam setiap harta yang kita dapatkan terdapat pula sebagian harta orang yang lebih membutuhkan” oleh sebab itu kita sebagai orang yang mempunyai harta lebih harus menyumbangkannya kepada orang yang lebih membutuhkan, karena sebenarnya harta yang kita dapat itu hanya titipan dari Tuhan agar kita dapat menggunakannya untuk kehidupan kita dan ketika semua kebutuhkan kita sudah terpenuhi tidak ada salahnya untuk membaginya kepada orang yang lebih membutuhkan daripada kita, bukan malah bersenang-senang dan menghambur-hamburkan harta tersebut untuk hal-hal yang kurang mendatangkan manfaat untuk kita dan orang-orang disekitar kita.
     Singatnya seperti ini, kita telah diberikan hak kita oleh Tuhan dan setelah itu kita harus melaksanakan kewajiban kita setelah kita mendapatkan hak kita. Itu sedikit ulasan tanggung jawab terhadap harta, sekarang kita beralih ke ulasan tanggung jawab terhadap kekuasaan yang kita miliki. Kekusaan yang dimiliki seseorang terkadang membuat dirinya lupa untuk menggunakannya sebaik-baiknya. Anda harus ingat bahwa kekuasaan yang kita dapat tidak serta merta kita manfaatkan untuk kepentingan pribadi kita apalagi untuk merauk keuntungan dari kekuasaan ini. Itu akan berakibat sangat fatal terhadap kelangsungan karier dan kehidupan anda nantinya.
     Anda harus ingat bahwa setiap pembelian pasti ada pengembaliannya jadi berhati-hatilah dalam menggunakan kekuasaan yang anda miliki karena suatu saat apa yang anda lakukan hari ini pada orang lain, akan teralami juga kepada anda di lain kesempatan. Dua hal itu bisa dikatakan menjadi kekuatan besar yang dimiliki seseorang, masih banyak hal yang menurut saya bisa dibilang kekuatan yang besar dan semua itu memiliki tanggung jawab yang besar seperti apa yang di katakan oleh Paman Ben.



0 comments:

Post a Comment