Thursday 13 February 2014

Orang Tua Pengaruhi Anaknya

      Sifat dan sikap orang tua sangat berpengaruh terhadap psikologi anak dan tingkah laku anak. Orang tua terkadang tidak sadar akan hal ini, ia hanya sibuk mencari uang demi memenuhi kebutuhan keluarganya. Padahal di balik itu anak mereke membutuhkan perhatian yang lebih dari orang tuanya. Ada beberapa orang tua yang amat sangat baik terhadap anaknya , itu tidak salah memang hanya saja kurang tepat. Orang tua yang terlalu baik terhadap anaknya akan membuat sang anak merasa sangat kepadanya, sehingga kalau sang anak berbuat salahpun terkadang orang tua tidak akan marah kepadanya atau mungkin hanya marah sebentar dan lalu baik kembali karena merasa itu hal yg lumrah. Namun itu tidak serta merta semua anak seperti itu, hanya ada sebagian anak saja yang terkadang seperti itu. saya juga tidak membenarkan anda sebagai orang tua untuk bertindak kasar dan sampai memukul anak anda. Langkah yang perlu anda lakukan adalah tetap tegas kepada anak anda, tapi dengan catatan harus sewajarnya karena perilaku kasar anda akan membuat psikologis anak anda terganggu.Orang tua terkadang pengaruhi anaknya.


      Buatlah anak anda merasa nyaman di dekat anda dan sehingga untuk meninggalkan rumah dan keluar rumah sekalipun dia akan sangat berat dan pasti akan meminta izin anda. Saya pikir itu bukahlah pengekangan, hanya saja anda sebagai orang tua harus bersikap tegas kepada anak anda. Apalagi perlaku sang anak terkadang terpengaruhi oleh lingkungan sekitar tempat tinggal anda. Banyak orang tua malah terkadang melepas begitu saja anaknya untuk bermain di luar rumah dengan alasan asalkan tidak jauh dari rumah dan tidak mengganggu orang tuanya di rumah yang mungkin sedang melakukan pekerjaan rumah atau kantor yang dibawa pulang ke rumah. Sang anak bermain di luar tanpa adanya penjagaan (untuk anak balita dan 12 tahun kebawah) karena siapa tau kita tidak tau dia bergaul dengan siapa saja dan apa saja yang ia lakukan di luar rumah.

      Beberapa orang tua saat ini tidak tahu cara mendidik anak yang benar, bukan berarti pendidikan yang orang tua ajarkan saat ini tidak benar/salah hanya saja kurang benar dan kurang efektif. Malah yang lebih ditakutkan lagi adalah ketika sang anak malah menjadi boomerang bagi orang tua nantinya. Maka dari itu saya ingatkan lagi kepada anda sebagai orang tua pemilihan lingkungan tempat tinggal untuk sang anak adalah hal yang perlu anda pertimbangkan secara masak-masak sebelum anda memilih dan membeli rumah hunian terutama area bermain anak. Orang tua terkadang pengaruhi anaknya. Karena semua itu adalah salah satu faktor tumbuh kembang sang anak maka dari itu, saya memohon sekali kepada anda sebagai orang tua untuk memikirkan hal-hal kecil yang terkadang terlupakan dan anak pin harus mengerti dan memaklumi keadaan dan kemampuan orang tua anda dalam mendidik anda. Selalu perhatikan pula reaksi dan perasaan orang tua anda dikala anda sebagai anak terkadang memarahi mereka dan membuat mereka merasa sedih.

      Saya harap hal ini dapat menyadarkan beberapa orang tua dan anak-anak yang membaca artikel ini untuk membangun suatu keharmonisan keluarga yang utuh dan bahagia. Orang tua terkadang pengaruhi anaknya. Semua hal yang saya utarakan ini bisa saja salah, karena semua yang saya utarakan disini adalah berdasarkan penelitian dan pengalaman saya pribadi selama saya menjadi seorang anak dan melihat orang-orang disekeliling saya. Maka dari itu bijaklah dalam memilah dan memilih semua yang sudah saya utarakan jangan telan mentah-mentah semunya. Anda dapat menyesuaikannya dan menerapkannya sesuai dengan kebutuhan dan keadaan anda saat ini dan tentunya sesuai dengan prinsip anda sendiri. Jangan terpaku pada apa-apa yang saya utarakan karena saya hanya manusia biasa yang terkadang bisa salah juga.

Terima kasih, maaf bila ada kekuarangan.





0 comments:

Post a Comment